Wednesday, 3 August 2011

Sumber Motivasi


Takut.....
adalah salah satu sumber motivasi.
seorang murid yang takut pada gurunya akan termotivasi untuk belajar ketika gurunya ada.
seorang karyawan yang takut dengan bossnya akan termotivasi untuk bekerja ketika bossnya ada.
seorang yang takut kehabisan uang akan berusaha dan bersusah payah mencari uang ketika persediaan uangnya menipis.
orang yang takut miskin akan berusaha sekuat tenaga untuk bekerja supaya tidak jatuh miskin.
orang lyang terancam dianiyaya akan berusaha untuk mencari perlindungan dan berlatih beladiri.
orang yang takut mendapat masalah akan cenderung untuk menghindari masalah.
orang yang takut tersesat di dunia akan berusaha untuk beribadah, beramal shaleh dan bertakwa pada Allah.

Tapi.....
Permasalahannya.....
takut itu bukanlah sumber motivasi yang stabil.
Takut bisa hilang ketika penyebab ketakutan hilang.
Dan ketika rasa takut itu hilang, maka motivasi yang sebelumnya ada juga akan hilang.

seorang murid bisa tidak semangat lagi belajar ketika gurunya tidak ada.
seorang karyawan bisa kehilangan motivasi dan malas2an untuk bekerja ketika bossnya pergi.
seorang takut kehabisan uang akan kehilangan motivasi mencari nafkah ketika dia sudah mendapatkan uang.
seorang yg takut miskin akan kehilangan motivasi untuk bekerja keras ketika sudah tidak miskin.
seorang yg berlindung dan berlatih beladiri akan berhenti ketika ancamannya sudah hilang
seorang akan berhenti menghindari masalah ketika masalah nya hilang
seorang yg takut tersesat akan berhenti beribadah dan beramal shaleh ketika dia merasa mendapat petunjuk.

padahal....
dampak dari hilangnya rasa takut itu adalah hilangnya motivasi.
dan ketika kehilangan motivasi maka perilaku/usaha/aktifitas yg sebelumnya dilakukan berhenti dilakukan.
secara otomatis, ketika aktifitas/usaha tsb berhenti dilakukan maka secara bertahap kondisi yg sebelumnya baik akan berlahan mulai menurun. peluruhan ini akan terus terjadi selama rasa takut tersebut hilang.
hingga pada saatnya kondisi akan semakin memburuk hingga pada taraf yang memunculkan kembali rasa takut itu.
setelah rasa takut itu muncul lagi, maka motivasi untuk memperbaiki keadaan akan muncul kembali dan dikerjakanlah usaha/aktifitas tuk perbaiki keadaan hingga akhirnya keadaan membaik dan ketakutanpun lenyap lagi.

Bayangkan.....
kejadian diatas bisa diumpamakan sebagai roda/lingkaran kecil silkus rasa takut, dimana kondisi dibawah adalah kondisi dimana rasa takut timbul dan mendatangkan motifasi. ketika diatas, rasa takut itu hilang, hilanglah pula motivasinya, sehingga mulai berlahan menurun hingga bawah dan ketika dibawah muncullah lagi rasa takut itu, dan muncullah kembali semangat itu.

________

JADI JIKA MOTIVASI ANDA BERSUMBER PADA KETAKUTAN, MAKA ANDA AKAN MENGALAMI NAIK TURUNNYA LINGKARAN KECIL INI. KETAKUTAN AKAN SENANTIASA HADIR LAGI DALAM KEHIDUPAN ANDA DAN MEMANIFESTASIKAN MOTIVASI ANDA.

JADI JIKA MOTIVASI ANDA BERSUMBER PADA KETAKUTAN, MAKA HIDUP ANDA TIDAK AKAN STABIL. KARENA MOTIVASI ANDA JUGA TIDAK STABIL. MOTIVASI ANDA TIDAK STABIL KARENA SUMBER MOTIVASI ANDA BERSUMBER PADA KETAKUTAN. DAN KETAKUTAN ITU BERSIFAT TIDAK STABIL. KADANG ADA, KADANG HILANG.
________


Lalu sumber motivasi apa yang stabil?
siapa sih yang ga pernah merasa takut?
apa yang selalu ada dan bisa dijadikan sebagai sumber motivasi.

Allah adalah sumber motivasi yang stabil.
Lillahita'ala adalah sumber motivasi yang stabil.
Semua hanya untuk Allah, yang kita harap adalah ridho Allah adalah sumber motivasi.
Semua yang ada di alam semesta ini akan musnah kecuali Allah.

Allah itu ada, Allah maha suci, Allah maha pemberi petunjuk
Allah maha mengetahui, Allah maha melihat, Allah maha mendengar.
Allah maha pengasih, Allah maha penyayang, Allah maha kuasa
Allah maha memaksa, Allah maha besar, Allah maha melindungi
Allah maha pemalu dan maha menutupi aib, Allah maha pemaaf, Allah maha pemberi rizky

Allah maha melihat
dimanapun kita berada, Allah melihat kita.
Aktifitas apapun yang kita kerjakan akan dilihat oleh Allah.

seorang murid yang motivasinya karena Allah, maka dia tahu bahwa belajar itu adalah ibadah.
dimanapun dia berada Allah melihatnya, dan dia merasa dilihat Allah sehingga termotivasi untuk belajar.

seorang karyawan yang motivasinya karena Allah, maka dia tahu bahwa mencari nafkah itu adalah ibadah.
dimanpun dia bekerja Allah melihatnya. dan dia akan bekerja seoptimal mungkin meskipun tidak ada bossnya.

orang yang motivasinya karena Allah tidak akan takut kehabisan uang ataupun takut miskin. karena Allah maha kaya, Allah maha pemberi rizki, dan Allah maha pengasih dan penyayang.

Allah maha kaya, trus kasih dan sayang pada kita. lha trus ngapain kita takut miskin / takut kehabisan uang.

orang yang diancam, jika motivasinya karena Allah maka dia tidak akan takut terhadap ancaman tsb.
Allah maha mendengar, Allah maha melihat, Allah maha besar, dan Allah maha kuasa, Allah maha melindungi.
Allah tahu jika ada hambanya yang terancam. Allah akan melindungi hamba2nya yang beriman.
jadi selama kita sudah berjalan di jalan Allah, maka ga perlu takut akan ancaman2 atau khawatir terjadi sesuatu yang buruk.

Orang yang motivasinya karena Allah, maka dia tidak takut dengan permasalahan dan juga tidak mencari masalah. karena masalah dan musibah yang datang pada kehidupan kita itu adalah bentuk ujian dari Allah. jika kita menghadapinya dengan tabah, sabar dan tawakkal, maka insya Allah kita bisa lulus ujian tsb. dan lulus ujian itu berarti Allah menempatkan kita ke tingkatan yang lebih tinggi.

orang yang motivasinya karena Allah tidak akan takut tersesat, Karena Allah maha pemberi petunjuk. selama kita melakukan amalan ibadah dan berjalan di jalan Allah, seandainya kita berbuat salah insya Allah kita akan diberi peringatan berupa tanda2 dalam kehidupan. jangan takut tersesat ketika mengamalkan amal ibadah. niatkanlah semua amal ibadah kita untuk Allah lillahita'ala.


Semua kita niatkan untuk Allah dan kita hanya berharap ridhonya.
jika kita niatkan untuk Allah maka :
belajar itu ibadah, bekerja itu ibadah, beramal shaleh juga ibadah

Tapi hati-hati......
semua aktifitas kita niatkan untuk Allah, dan itu pun juga harus SEIMBANG komposisinya antara aktifitas untuk kejayaan Dunia dan aktifitas untuk kejayaan akhirat.
Jadi jangan punya pikiran untuk ibadah sholat doank trus ga kerja. kita harus bekerja untuk mecari nafkah, dan mencari nafkah itu merupakan ibadah. kita harus belajar supaya pengetahuan kita bertambah. dan belajar itu termasuk ibadah.

Berusahalah untuk selalu mengingat Allah.
Karena kita perlu NIAT kan untuk Allah tiap aktifitas kita.
Berusahalah merasa dilihat Allah, supaya kita termotivasi karena Allah sedang mengamati kita.
Berusahalah untuk menyeimbangkan amalan dunia dengan amalan akhirat kita.
Carilah kejayaan dunia untuk kejayaan negeri akhirat.


Semua berasal dari Allah dan kepada Allahlah semua akan kembali. Niatkan hanya untuk Allahlah semua aktifitas kita.


Sumber : www.indoquran.com

No comments:

Post a Comment